7 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan

7 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan
7 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan
Sebagai umat beragama tentunya kita tahu dengan istilah puasa terutama bagi umat Islam. Pada bulan suci Ramadhan seluruh umat Islam diwajibkan untuk berpuasa 30 hari penuh. Selain itu juga ada beberapa puasa sunnah yang dianjurkan. Kegiatan ini sudah dilakukan umat Islam berabad-abad hingga dengan sekarang. Selama ini sebagian orang hanya tahu bahwa puasa merupakan hal wajib yang diharuskan pada bulan suci Ramadhan. Tapi tahukah Anda bahwa bahwasanya puasa memiliki manfaat yang besar bagi kesehatan bila dilakukan secara benar.

Penting bagi Anda yang menjalani puasa untuk tidak meninggalkan sahur yang bergizi. Sebab, ketika berpuasa tubuh mengalami perubahan sesuai dengan lama berpuasa. Perlu sekitar 8 jam bagi tubuh untuk menyerap nutrisi dari makanan terakhir. Kesimpulannya, tubuh bisa berpuasa bila diberi asupan terlebih dahulu.

Selama berpuasa, energi utama dalam tubuh yang tersimpan di hati dan otot yaitu gula akan digunakan untuk menghasilkan energi yang diharapkan oleh tubuh. Setelah gula terpakai maka lemak menjadi sumber energi berikutnya.

Bila sumber-sumber energi diatas dinilai tidak cukup maka tubuh akan memperabukan protein otot untuk menghasilkan energi yang diharapkan oleh tubuh. Untuk menghindari fase kelaparan maka diwajibkan untuk Anda menyegerakan berbuka puasa dan mengkonsumsi makan-makanan yang sehat. Fase kelaparan ini hanya terjadi bila Anda berhari-hari tidak mengkonsumsi makanan.

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan
1. Mengurangi Obesitas
Seperti yang telah di jelaskan tadi, bahwa ketika sumber energi yaitu gula yang tersimpan pada hati dan otot dinilai tidak cukup untuk memenuhi energi tubuh maka, Sumber energi berikutnya yaitu lemak. Dengan demikian hal ini dapat membantu Anda dalam mengurangi tingkat obesitas. 
2. Menanggulani Stres Dan Depresi
Secara psikis puasa dapat membuat orang berguru untuk dapat mengendalikan diri sendiri. Oleh karena itu, puasa bisa dijadikan cara untuk menanggulangi stres dan depresi. 
3. Memberikan Perasaan Sehat Secara Mental
Setelah menjalani beberapa hari berpuasa, Endorfin dalam darah akan mengalami peningkatan yang menunjukkan perasaan sehat secara mental. 
4. Membantu Memperbaiki Kondisi Medis
Kondisi kesehatan menyerupai radang sendi, radang usus besar, dan penyakit kulit menyerupai eksim dan psoriaris dapat mereda bila Anda melaksanakan puasa yang diiringi dengan rujukan makan yang sehat sebelum dan sesudahnya. 
5. Menyehatkan Jantung
Ada sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa mereka yang berpuasa sebulan sekali memiliki risiko 58 persen lebih rendah terkena penyakit jantung, dibandingkan dengan mereka yang tidak menjalani puasa. Dengan menjalani puasa lemak jahat dalam darah akan berkurang sehingga indah untuk kesehatan jantung. 
6. Mengurangi Risiko Terkena Kanker
Akibat terbatasnya asupan laju pembelahan sel dalam tubuh akan berkurang selama berpuasa. Hal ini pernah di buktikan melalui penelitian terhadap tikus dan ternyata terbukti bahwa berpuasa dapat mengurangi risiko kanker. Tapi, butuh penelitian lanjut untuk menerangkan apakah hal ini juga berlaku pada manusia. 
7. Menjaga Berat Badan
Selama berpuasa terjadi pembakaran lemak untuk menghasilkan energi yang juga membantu mengurangi berat tubuh dan tingkat kolesterol. Selain itu juga dampak baik dari turunnya berat tubuh yaitu untuk mengendalikan diabetes dan tekanan darah.
Perlu bagi Anda untuk tetap mengendalikan makan pada ketika Anda tidak berpuasa. Karena di sisi lain, berat tubuh bisa naik kembali pada ketika Anda tidak berpuasa. Mengapa demikian? Hal ini karena ketika berpuasa, Anda banyak kehilangan cairan bukan berat tubuh substansial. Untuk itu jangan lampiaskan nafsu makan Anda ketika berbuka puasa. Cobalah untuk memenuhi kebutuhan energi untuk tubuh Anda dengan menu sehat puasa menyerupai serat, protein, karbohidrat, dan lemak dalam jumlah yang seimbang dan jangan berlebihan. Dengan rujukan makan yang seimbang, sert asupan cairan yang cukup dapat membantu menjaga berat tubuh Anda.
Baca juga: Paru-Paru Basah: Pembahasan Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati
Baca juga: Tips Cantik Mengatasi Bibir Kering Pecah-Pecah Dibulan Puasa

Perlu Anda ingat bahwa manfaat puasa akan maksimal bila dijalani dengan rujukan yang sehat. Terimakasih telah mengunjungi www.dewisehat.top. Semoga Artikel 7 Manfaat Puasa Untuk Kesehatan ini menjadi artikel yang bermanfaat dan mengakibatkan puasa Anda lebih bersemangat lagi. terimakasih.

Subscribe to receive free email updates: