Ingin Cepat Hamil ? Cara Menghitung Masa Subur

Ingin Cepat Hamil ? Cara Menghitung Masa Subur
Ingin Cepat Hamil ? Cara Menghitung Masa Subur
Memiliki buah hati bagi pasangan suami istri merupakan harapan yang didamba-dambakan. Bahkan pasangan yang gres saja menikah pun banyak yang menginginkan untuk segera memiliki momongan. Nah, bagi Anda dan pasangan yang ingin segera menerima momongan, penting bagi Anda untuk mengetahui masa subur wanita. Hal ini dimaksudkan biar Anda mengetahui kapan waktu yang sempurna untuk melaksanakan korelasi biar cepat membuahi sel telur. Pada ketika ini sudah banyak cara mengetahui masa subur wanita dengan alat penunjang pemeriksaan kehamilan yang terjual di apotik-apotik atau dengan melihat dari tanda-tanda fisik.

Ciri Fisik dan Cara Menghitung Masa Subur Wanita

Ciri atau Tanda Fisik Masa Subur Wanita
 Air Seni
Sekarang terdapat alat yang mirip alat tes kehamilan dan juga hanya satu kali pakai. Cara penggunaannya pun tidak terlalu susah, Anda cukup meneteskan air seni Anda (Wanita) pada alat tersebut di pagi hari. Tunggu beberapa ketika dan lihat. Bila masuk masa subur maka alat tersebut akan menawarkan tanda masuk waktu subur. Maka pada ketika itulah waktu yang sempurna untuk melaksanakan korelasi suami-istri. Tidak diragukan lagi, tingkat keakuratannya cukup tinggi, dan mampu mencapai sekitar 90-95%.

Air liur
Saat ini pun sudah terdapat alat pendeteksi kesuburan yang menggunakan air liur sebagai materi testnya. Alat ini hampir mirip dengan mikroskop mini dan bentuknya mirip lipstik. Cara penggunaannya dengan meletakkan air liur anda ke dalam gelas teropong, tunggu sekitar 5 menit kemudian nyalakan lampunya dan putar-putar pengatur lensa ke kiri dan kanan,  sehingga anda akan melihat tampilan lebih jelas. Air liur yang terlihat di dalam teropong itu nantinya akan terihat beda dan mengartikan apakah anda ketika itu termasuk dalam masa subur atau tidak. Bila terlihat gambar kosong dan bintik-bintik tak jelas, ini berarti anda masuk dalam kondisi tidak subur.

Kebalikannya, bila terlihat sruktur bebatuan dengan beberapa tulang-tulang daun, tandanya anda masuk masa subur atau ovulasi sekitar 3 hari kedepan. Nah tunggu apalagi, bagi Anda yang menginginkan kehamilan yang direncanakan, maka pada ketika ini hingga beberapa hari kedepan merupakan moment yang sempurna untuk berhubungan. Dan diketahui pula bahwa ketika itu sperma memiki masa hidup selama 72 jam.

Baca Juga: 10 Cara Mengecilkan Perut Dengan Metode Memangkas Lemak Diperut

Cara Menghitung Masa Subur Wanita
Masa subur wanita berdasarkan kalender
Efektifitas menggunakan metode ini tergolong rendah, sekitar 60-70%. Karena dihitung manual, maka perlu ketelitian yang besar. Untuk menentukannya ada dua cara ialah anda yang memiliki siklus menstrusi yang teratur dan tidak teratur. Cara menghitung masa subur wanita dapat diketahui bekerjsama masa subur berlangsung 14 hari berikut nya. Berlangsung masa subur wanita ini ada pada hari ke-13 hingga har ke 15 sebelum tangga menstruasi yang akan tiba. 

Sedangkan cara menghitung masa subur yang haid nya tidak teratur dengan cara :
Pertama, harus dicatat panjang siklus menstruasi sekurang-kurangnya 6 siklus haid. Untuk memastkan kapan masa subur itu tiba, dengan menjumlahkan hari pada siklus terpanjang dan dikurangi dengan 11 sehingga diperoleh hari subur terkahir daam siklus menstruasi tersebut.
Contoh: 
Siklus terpanjang = 31, sedangkan siklus terpendek 26, maka masa subur wanita dapat dihitung, 31-11 = 20, dan 26-18 = 8, sehingga masa subur berlangsung pada hari ke 8 hingga hari ke 20.
Lendir kesuburan
Cara menghitung masa subur lainnya dengan cara sistem lendir kesuburan. Metode ini ditemukan oleh pasangan john dan evelyn billings dari australia. Lendir kesuburan tersebut dihasilkan oleh kalenjer leher rahim wanita, bersamaan dengan proses pematangan sel telur dalam indung telur.
Persamaan waktu tersebut berkaitan dengan fungsi kelenjar hipofisis dan hipotalamus. Diantaranya mengubah sifat cairan dalam leher rahim dari serat. Bila sperma berhasil menerobos masuk ke terusan telur dan membuahi sel telur, berarti akan terjadi kehamilan. Dengan begitu lendir kesuburan memang bertugas membantu menyatukan sel sperma dan sel telur. Perlu di ingat bahwa kehadiran lendir kesuburan hanya berifat sementara dan bukan sepanjang siklus haid.


Nah sudah terperinci kan "Cara Menghitung Masa Subur Agar Cepat Hamil", Demikianlah info dari kami, selamat mencoba dan seandainya anda sudah melaksanakan hal yang kami jeaskan di atas namun masih belum dianugerahkan anak, anda jangan pantang mengalah terus berusaha dan jangan lupa diiringi dengan do'a, biar yang kuasa menganugerahkan anda seorang anak. Terimakasih telah mengunjungi www.dewisehat.top, sebuah situs dimana Anda dapat mempelajari tips-tips kesehatan dan kecantikan yang telah di sajikan untuk Anda secara gratis. Jangan lupa untuk share artikel-artikel yang telah admin sajikan sebagai bentuk apresiasi atau penghargaan pada goresan pena ini.

Subscribe to receive free email updates: