10 Cara Mengecilkan Perut Dengan Metode Memangkas Lemak Diperut

10 Cara Mengecilkan Perut Dengan Metode Memangkas Lemak Diperut
10 Cara Mengecilkan Perut Dengan Metode Memangkas Lemak Diperut
Banyak cara dilakukan untuk mengecilkan perut. Namun, seringkali cara yang dilakukan untuk memangkas lemak di perut tidak efektif dan cenderung sia-sia. Lalu, bagaimana cara biar Anda dapat menghilangkan lemak pada perut dan pingang? Berikut metode efektif memangkas lemak perut menurut Jansen Ongko.


10 Cara Mengecilkan Perut Dengan Metode Memangkas Lemak Diperut

1. Perbanyak minum air putih.
Minum air putih dapat menghindari kita dari persoalan dehidrasi dan memperlancar pencernaan. Ternyata mengonsumsi air putih tidak hanya dapat menghindari Anda dari persoalan dehidrasi dan memperlancar pencernaan, tapi juga dapat membantu memperabukan lemak perut. Terdapat studi yang menawarkan dengan meminum air putih kurang lebih 2 liter dalam sehari membantu memperabukan hampir 100 kalori atau setara dengan berjalan selama 20 menit. 

“Hanya saja menghilangkan lemak perut tidak semudah itu. Untuk menipiskannya, maka harus tercipta kondisi dimana tubuh menggunakan lemak pada adegan itu sebagai tenaga,” terang Jansen.

2. Konsumsi protein dan kurangi gula.
Kurangi mengonsumsi gula, karbohidrat dan perbanyak mengonsumsi protein, sayuran, dan biji-bijan. Jika Anda terbiasa mengonsumsi kopi dengan sedikit gula di pagi hari, ada baiknya Anda menambahkan sedikit kayu manis yang terbukti membantu menstabilkan gula darah.

3. Hindari begadang, usahakan tidur yang berkualitas.
Jika Anda memiliki banyak pekerjaan dan mengharuskan Anda untuk tidur larut malam, coba pikirkan lagi dampaknya. Ketika Anda lelah, tubuh akan menghasilkan ghrelin berlebih, ghrelin merupakan semacam hormon yang memicu cita-cita untuk mengonsumsi gula dan makanan berlemak. Kurang tidur juga dapat mengubah produksi hormon Anda sehingga mensugesti tingkat kortisol.

“Hormon kortisol dalam jumlah sedikit memiliki banyak manfaat untuk tubuh karena merupakan hormon anti-stres, tetapi jikalau dalam jangka panjang dan dengan produksi yang terlalu tinggi justru dapat menimbulkan kehilangan massa otot, penurunan daya tahan tubuh, mudah panik, rentan depresi, meningkatkan akumulasi lemak terutama di adegan perut, nafsu makan tidak terkontrol, serta cita-cita untuk memakan makanan manis dan berlemak,” papar Jansen.

4. Sit up tidak menghilangkan lemak perut.
Pernah kita singgung dalam artikel sebelumnya bahwa sit-up tidak membuat lemak perut berkurang. Buang jauh-jauh anggapan bahwa lemak perut bakal berkurang hanya dengan melaksanakan sit up tiap hari. Melakukan sit up secara rutin memang dapat membuat otot perut Anda menjadi kuat, tetapi tidak akan membasmi lemak pada perut. 

“Harus tercipta defisit kalori dalam kurun waktu tertentu untuk menurunkan berat tubuh dan lemak di perut. Memang, melaksanakan sit up akan memperkuat otot-otot perut dan sekitarnya, tetapi belumlah cukup untuk memperabukan lemak. Kombinasikan dengan latihan menyeluruh yang menempa otot besar, ibarat kaki, bahu, dada dan lainnya sehingga proses pembakaran lemak secara maksimal,” terang Jansen.

5. Konsumsi Vitamin C.
Vitamin C dikenal dapat menjaga kekebalan tubuh terhadap penyakit. Selain bermanfaat bagi kekebalan tubuh, Vitamin C juga sangat penting dalam proses pembuatan carnitine. Carnitine adalah suatu senyawa yang mengubah lemak menjadi materi bakar atau energi bagi tubuh Anda. 

“Peran Vitamin C berkorelasi positif terhadap metabolisme, regulasi hormon, dan oksidasi lemak tubuh menjadi tenaga. Tubuh bergotong-royong hanya membutuhkan jumlah kecil Vitamin C setiap harinya, yaitu sekitar 80 - 90 mg. Itu mampu diperoleh dengan mengonsumsi sepotong pepaya atau sebuah kiwi. Jika kelebihan, vitamin itu hanya akan dikeluarkan melalui urine karena Vitamin C merupakan vitamin yang larut dalam air.

Baca Juga: 20 Kiat Mengurangi Berat Badan Yang Patut Anda Jalankan

6. Berhenti mengonsumsi minuman bersoda.
Minuman bersoda merupakan minuman yang harus Anda hindari. Semakin sering Anda mengonsumsinya, potensi Anda semakin gemuk pun meningkat. Mengapa demikian? Minuman ini akan membuat Anda lapar dan menginginkan karbohidrat dari makanan olahan secara terus menerus. Hal ini juga disebabkan tambahan buatan dalam soda yang membuat perut Anda membengkak lebih cepat dan juga membuat Anda menjadi lebih cepat lapar.

7. Hindari konsumsi junk food.
Eliminasi semua makanan yang berjenis junk food yang biasa Anda konsumsi. Menurut Jansen, memakan makanan pro-inflamasi, ibarat junk food, merupakan pemicu penumpukan lemak di perut. Sel lemak di perut sangat sensitif terhadap makanan yang tidak sehat. Selain junk food, makanan tidak sehat yang dimaksud ialah makanan yang tinggi kadar lemak dan gula seperti, gorengan, kudapan manis manis, dan jenis makanan lain yang diolah dengan menggunakan lemak trans.

8. Konsumsi makanan berlemak baik.
“Lemak baik mampu membantu dalam administrasi berat tubuh karena perannya dalam regulasi hormon rasa kenyang dan lapar. Lemak baik terbukti berkorelasi positif terhadap hormon pemicu rasa kenyang sehingga cita-cita untuk makan dapat dikurangi,” ujar Jansen. 

Lemak makanan yang sehat antara lain ialah lemak ikan, lemak dari buah alpukat, lemak pada telur, lemak zaitun, kacang-kacangan, biji-bijian, lemak pada susu, lemak pada mentega dan keju asli.

9. Lakukan meditasi.
Hormon stres kortisol produksinya akan menurun apabila Anda melaksanakan meditasi. Jika Anda memiliki kesibukan yang padat, lakukanlah meditasi minimal 15 menit dalam sehari. Dengan begitu, proses penumpukan lemak pada perut akan berkurang.

10. Hidup aktif.
Jangan hanya mengandalkan diet. Kombinasikan dengan hidup aktif dan enerjik. Semakin Anda aktif, semakin tinggi kemungkinan terjadi pembakaran lemak sehingga tercipta peluang defisit kalori harian.

Metalitas diet oriented sebaiknya dihilangkan karena justru kerap membuat gangguan perilaku konsumsi atau eating disorder yang berpotensi terkena 'Sindrome Yoyo' atau fluktuasi berat tubuh yang mudah naik turun,” terang Jansen. Menurutnya, solusi yang baik ialah no diet, eat healthy, and stay active.

Nah sudah terang kan tips menurunkan berat tubuh kali ini. Jangan lupa di jalankan ya di rumah. Sampai disini dulu "10 Cara Mengecilkan Perut Dengan Metode Memangkas Lemak Diperut", semoga dapat membantu persoalan obesitas yang sedang Anda alami. Terimakasih telah mengunjungi www.dewisehat.top, sebuah situs dimana Anda dapat mempelajari tips-tips kesehatan dan kecantikan yang telah di sajikan untuk Anda secara gratis. Jangan lupa untuk share artikel-artikel yang telah admin sajikan sebagai bentuk apresiasi atau penghargaan pada goresan pena ini.

Subscribe to receive free email updates: