5 Kondisi Ibu Hamil Dilarang Puasa

5 Kondisi Ibu Hamil Dilarang Puasa
5 Kondisi Ibu Hamil Dilarang Puasa
Berpuasa memang kewajiban bagi seorang muslim. Namun ada beberapa kondisi yang diperbolehkan mengganti puasa dibulan lain salah satunya bagi ibu hamil. Namun jikalau Ibu hamil tetap ingin berpuasa dengan alasan kuat menjalankan puasa atau malas untuk mengganti puasa di bulan-bulan berikutnya maka hal yang harus dilakukan sebelum melaksanakan puasa ketika hamil yaitu memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan ibu dan janinnya sehat. Lalu ada beberapa kondisi dimana dokter melarang seorang ibu hamil untuk berpuasa dikarenakan beberapa hal yaitu sebagai berikut.


1. Penyakit darah tinggi atau hipertensi
Bila ibu hamil memiliki riwayat darah tinggi atau hipertansi atau sedang mengalami hipertensi dikala hamil tidak diperbolehkan berpuasa. Sebab, penting bagi ibu hamil untuk mengkonsumsi obat untuk mengatur naik dan turunnya tekanan darah. Sangat penting untuk menghindari naik turunnya tekanan darah selama hamil alasannya hal ini dapat mengakibatkan kematian pada ibu hamil maupun janin dalam kandungan.

2. Kencing manis atau diabetes (DM)
Tidak disarankan bagi wanita hamil yang mengalami kencing manis untuk berpuasa. Alasannya yaitu selain harus menjalani terapi obat secara teratur, ibu hamil juga harus mematuhi kegiatan makan yang telah dibuatkan supaya kadar gula dalam darah mampu tetap terkontrol atau mampu tetap stabil.

3. Mengalami pendarahan
Kontra indikasi ini terang tidak diperbolehkan untuk berpuasa. Bila tetap dipaksakan untuk berpuasa akan mengkhawatirkan bagi keadaan janin  di dalam kandungan.


4. Kekurangan cairan atau dehidrasi
Sangat tidak dianjurkan jikalau ibu hamil mengalami dehidrasi pada dikala berpuasa. Hal ini dapat besar lengan berkuasa buruk bagi janin. Banyak penyebabnya dehidrasi menyerupai muntah terus selama hamil (hiperemesis gravidarum),wanita hamil muda dengan morning sickness atau mual-muntah terus, nafsu makan tidak ada (anorexia).

5. Mengalami gangguan sistem pencernaan
Gangguan sistem pencernaan yang paling jamak yaitu sakit lambung atau maag. Ibu hamil dengan gangguan ini yang memaksakan diri berpuasa berarti memperbesar peluang penyakitnya akan kambuh. Lambung kosong akan mempertinggi peluang terjadinya peningkatan asam lambung dan mampu berbahaya untuk bayi. (Baca: Ibu Hamil Puasa | Berbahaya Atau Tidak Dan Apa Efeknya Bagi Janin ?)

Bila Ibu hamil mengalami salah satu atau beberapa duduk perkara diatas. Sebaiknya jangan berpuasa atau jikalau sedang berpuasa segera hentikan puasa. Segera periksakan diri dan janin ibu hamil semoga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Terimakasih telah mengunjungi www.dewisehat.top dan jangan lupa untuk menyebarkan semoga manfaatnya dapat dirasakan untuk semua.

Subscribe to receive free email updates: