Paru-Paru Basah: Pembahasan Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati

Paru-Paru Basah: Pembahasan Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati
Paru-Paru Basah: Pembahasan Gejala, Penyebab, dan Cara Mengobati
Paru-paru lembap merupakan istilah awam yang menggambarkan adanya problem atau penyakit tertentu pada paru-paru. Dalam dunia medis paru-paru lembap di sebut juga dengan istilah pneumonia. Paru-paru basah yaitu infeksi atau peradangan yang disebabkan oleh jamur, bakteri, atau virus pada kantung-kantung udara di paru-paru (alveoli). Ketika ini terjadi, Alveoli atau kantung-kantung udara dipenuhi dengan cairan atau nanah. Oleh alasannya yaitu itu penyakit ini di istilahkan sebagai paru-paru basah.

Paru-paru lembap merupakan salah satu penyakit yang tergolong dapat mengancam nyawa penderita apabila sudah terbilang parah. Dibandingkan penyakit paru-paru lainnya, paru-paru lembap yaitu salah satu penyakit penyebab selesai hidup didunia. Tingkat keparahan penyakit paru-paru lembap biasanya tergantung pada penyebab atau jenis organisme yang menimbulkan infeksi, usia penderita, dan kondisi kesehatan umum.

Gejala Paru-Paru Basah
Gejala umum yang biasanya dialami oleh penderita paru-paru lembap sebagai berikut:

  • Dada terasa sakit
  • Mengalami batuk kering
  • Mengalami demam serta menggigil
  • Nyeri pada otot
  • Mual atau muntah
  • Nafas cepat
  • Detak jantung menjadi cepat
  • Kesulitan bernafas

Pada beberapa kasus paru-paru basah, ada gejala yang menunjukkan keadaan darurat medis seperti:

  • Kulit berubah warna menjadi kebiruan (Kulit kekurangan oksigen)
  • Terdapat darah didalam dahak (Batuk berdarah)
  • Demam tinggi (39 derajat celcius atau lebih tinggi)
  • Merasa kebingungan
  • Detak jantung menjadi lebih cepat

Jenis-Jenis dan Penyebab Paru-Paru Basah
Secara garis besar jenis-jenis paru-paru lembap dikelompokkan berdasarkan dengan penyebabnya yaitu:

Pneumonia Bakteri
Jenis paru-paru lembap yang disebabkan oleh basil ini dapat menyerang siapa saja dan tidak tergantung pada usia berapapun. PAru-paru jenis ini mampu muncul begitu saja atau mampu juga didahului dengan penyakit flu yang serius. Umumnya penyebab paru-paru lembap ini yaitu streptococcus pneumoniae. Selain itu Chlamydophila pneumonia atau Legionella pneumophila juga mampu menjadi penyebab lain dari penyakit paru-paru lembap ini.

Pneumonia Virus
Kebanyakan kasus penyakit paru-paru basah, virus penyebab problem pernafasan juga dapat menimbulkan paru-paru basah, Hal ini sering terjadi terutama pada bawah umur dan orang tua. Biasanya pneumonia atau penyakit paru-paru lembap jenis ini merupakan penyakit yang tidak serius dan berlangsung dalam kurun waktu yang singkat. Namun meskipun demikian, virus penyebab flu dapat menimbulkan radang paru-paru menjadi parah dan fatal. Bagi wanita hamil dan orang yang memiliki problem pada jantung atau paru-paru, penyakit ini sangat berbahaya.

Mycoplasma Pneumonia
Mycoplasma Pneumonia memiliki ciri-ciri yang sama dengan basil dan virus tapi bukan tergolong dari kedua macam penyebab paru-paru lembap tersebut. Mycoplasma Pneumonia paling sering dialami oleh bawah umur usia sekolah dan orang remaja yang berusia tergolong muda. Umumnya Mycoplasma Pneumonia menimbulkan kasus-kasus paru-paru lembap ringan.

Jenis Lainnya Paru-Paru Basah
Jenis pneumonia atau paru-paru lembap lainnya banyak terjadi pada individu yang memiliki daya tahan badan yang lemah. TBC dan Pneumocystis carinii pneumonia (PCP) umumnya sering menyerang orang dengan AIDS.

Faktor Yang Dapat Meningkatkan Risiko Terkena Penyakit Paru-Paru Basah
Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit paru-paru lembap yaitu:
  • Menderita stroke dengan problem pada refleks menelan atau batuk.
  • Faktor usia, Bayi gres lahir hingga usia dua tahun dan lansia yang berusia 65 tahun atau lebih memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit pneumonia.
  • Sistem kekebalan badan lemah menyerupai penderita HIV, AIDS dan penyakit kanker.
  • Penyalahgunaan narkoba, mengkonsumsi alkohol yang berlebihan serta merokok.
  • Mengalami penyakit tertentu menyerupai Asma, cystic fibrosis, diabetes, dan gagal jantung dapat meningkatkan risiko paru paru basah.


Cara Mengobati Paru-Paru Basah
Cara mengobati paru-paru basah tergantung pada jenis dan berat ringannya penyakit. Kebanyakan dalam kasus ini, paru-paru lembap dapat diobati dengan perawatan dirumah.

Perawatan untuk penderita paru-paru lembap yaitu dengan mengkonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter serta mengikuti setiap perawatan tindak lanjut. Mungkin pada prosesnya dibutuhkan tindakan ronsen dada guna memastikan perkembangan kemajuan pengobatan yang diberikan.

Obat Paru-Paru Basah Yang Disebabkan Oleh Bakteri
Pemberian Antibiotik untuk mengobati paru-paru lembap yang disebabkan oleh basil sangat dianjurkan. Minumlah Antibiotik sesuai isyarat dari dokter. Jangan hentikan konsumsi antibiotik sebelum waktu yang telah ditentukan oleh dokter, alasannya yaitu kalau konsumsi antibiotik dihentikan sebelum waktu yang telah ditentukan oleh dokter maka penyakit paru-paru lembap yang Anda derita akan kambuh kembali, terlebih lagi hal terburuknya yaitu timbulnya penyakit lain selain paru-paru lembap akhir penghentian konsumsi antibiotik sebelum waktu yang telah ditentukan oleh dokter. Untuk itu rutinlah mengkonsumsi obat ini. Biasanya gejala akan membaik dalam 1-3 hari setelah diobati.

Obat Paru-Paru Basah yang diakibatkan oleh virus
Menurut penyebabnya maka perlindungan antibiotik pada penderita paru-paru lembap jenis ini tidaklah cocok. Namun, perlindungan obat antivirus sangat dianjurkan untuk membantu mengobati kondisi tersebut. Biasanya gejala akan membaik dalam 1-3 ahad setelah diobati.

Cara Mencegah Penyakit Paru-Paru Basah
Meskipun pneumonia dapat menyerang siapa saja tanpa memandang umur tapi resiko terkena penyakit paru-paru lembap ini dapat diperkecil. Untuk mengecilkan resiko terkena penyakit paru-paru lembap mampu di mulai dengan merubah perilaku menyerupai berhenti merokok, menghindari minuman beralkohol dan jangan menggunakan narkoba. Anda juga dapat menawarkan vaksin terhadap basil penyebab paru-paru lembap biar sistem imun untuk menolak basil jenis ini terbentuk.

Itulah ulasan perihal Paru-Paru Basah. Ingat paru-paru lembap mampu disembuhkan kalau ditangani dengan tepat. Sebaiknya periksakan diri Anda pada dokter biar mengetahui penyebab problem paru-paru lembap yang Anda alami. Terimakasih telah mengunjungi www.dewisehat.top semoga artikel ini dapat membantu anda dalam mengatasi penyakit yang Anda derita.

Subscribe to receive free email updates: